Friday, April 1, 2011

Radio

Trupala identik dengan kegiatan beralam, berimba, atau outing. Jelas saja karena kepanjangan dari taruna pecinta alam. Tapi kegiatan Trupala sekarang (baca: anak SMA) tidak hanya kegiatan alam. Salah satu kegiatan kami adalah menjadi Teen Voice Crew.

Teen Voice Crew adalah anak-anak yang ikut dalam produksi program acara Teen Voice dari KBR 68H. Teen Voice ini biasanya disiarkan hari Jumat pukul 18.00-19.00 di Green Radio (89.2 FM).

Tentang KBR 68H. KBR 68H adalah Kantor Berita Radio yang terletak di Jl. Utan Kayu No.68H. Kantor berita radio ini punya bermacam kantor cabang radio atau jaringan radio yang tersebar di Asia dan Australia. Salah satu jaringan radio di KBR 68H adalah Green Radio.

Di Teen Voice awalnya Astri dan Ucha berperan sebagai penyiar dan Rae sebagai reporter. Bojum belum bergabung menjadi Teen Voice Crew.

Beberapa bulan kemudian, ada salah satu Teen Voice Crew mengundurkan diri menjadi penyiar karena mau fokus dengan masa depannya. Beberapa anak vacum karena mereka sudah di ujung masa sekolah alias kelas 3. Di saat itulah Rae mengajukan diri menjadi penyiar dan Bojum bergabung menjadi reporter.

Akhirnya Astri, Ucha, Rae berperan sebagai reporter sekaligus penyiar, dan Bojum sebagai reporter.

Banyak banget pengalaman yang kami dapatkan. Bagi penyiar, tentu saja bercuap-cuap ria di depan microfon dan didengar oleh orang-orang di Jakarta dan di Makassar(dulu). Bagi para reporter, bisa bertemu dengan orang-orang penting seperti menteri, anggota DPR, pejabat lainnya, dan beberapa artis.

Siapa bilang jadi anak Trupala harus terus berkotor ria? Kami saja malah merambah ke dunia jurnalistik radio. Menambah pengalaman sambil belajar. Banyak anak yang ingin seperti kami, melalang buana di radio. Tidak apa-apa dimulai dari radio yang kurang terkenal, yang penting pengalaman. Tentunya lebih mudah untuk menjadi penyiar di tempat lain.

No comments:

Post a Comment